Keuntungan serta manfaat meng asuransikan Rumah

Keuntungan serta manfaat meng asuransikan Rumah - Apakah Anda sedang berencana membeli rumah? Pada umumnya jika sedang mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah), Anda akan ditawarkan untuk menggunakan jasa Asuransi Rumah oleh pihak bank. Namun tidak hanya berlaku pada rumah baru, karena bagi sebagian orang, Asuransi rumah juga mereka berlakukan kepada rumah sekennya. Sebenarnya seberapa penting kah jasa Asuransi rumah itu? Berikut ini Lamudi akan menjelaskan beberapa hal terkait serba serbi asuransi rumah.

Karena fungsi rumah yang begitu penting sebagai tempat tinggal dan berteduh, keutuhan bangunan beserta seisinya menjadi prioritas utama yang tidak bisa di sepelekan. Terlebih lagi negara kita berada di lokasi yang rawan bencana. Mulai dari banjir, angin topan, longsor, gunung berapi, gempa dan lain sebagainya.

Dengan mengasuransikan rumah maka dapat meminimalisir biaya kerugian dari risiko bencana seperti banjir, pencurian ataupun kebakaran. Karena jika risiko-risiko tersebut terjadi dan menjadi tanggungan dalam polis asuransi, maka kita akan memperoleh ganti rugi secara finansial.

Anda juga dimungkinkan mendapat biaya yang dikeluarkan pasca musibah. Mulai dari biaya pembersihan puing bangunan hingga biaya arsitek untuk merenovasi atau membangun rumah. Akan tetapi hal ini kembali lagi kepada persetujuan yang tercantum dalam polis pertanggungan.

Selain itu, Anda bisa memperoleh layanan purna jual seperti pemeriksaan kondisi bangunan secara gratis, dan mendapat informasi seputar prakiraan nilai inflasi saat pemberitahuan perpanjangan polis.

Beberapa hal di atas menjelaskan berbagai manfaat yang ditawarkan dapat memberikan perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun di sisi lain Anda juga harus memperhitungkan untuk memilih asuransi properti yang tepat. Melihat banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan penawaran yang menggiurkan namun dengan syarat ketentuan yang cukup rumit.

Baca Juga: Pengertian Asuransi 

Di bawah ini beberapa tips yang dapat membantu Anda menentukan produk asuransi yang terbaik untuk hunian Anda.

Pada umumnya perusahaan asuransi ini menawarkan berbagai varian perlindungan. Dalam kebanyakan dari mereka hanya memberi perlindungan kebakaran saja. Namun ada juga yang menawarkan perlindungan menyeluruh untuk risiko yang mungkin terjadi pada harta benda Anda di dalam rumah (Property All Risks)

Cermatlah dalam memilih perusahaan asuransi yang tepat. Mulai dari melakukan perbandingan dari beberapa produk dan perusahaan asuransi, membaca secara rinci jenis produk perlindungan yang tertera dari surat jaminan, hingga syarat (dan kemudahan) yang dibutuhkan untuk melakukan proses klaim.

Setelah Anda memahami lebih lanjut, terakhir lakukan anggaran biaya pertanggungan dengan memperhitungkan pula seberapa besar nilai pertanggungan yang Anda dapat di kemudian hari. Perlu juga Anda ingat bahwa uang pertanggungan harus cukup besar untuk membangun kembali rumah Anda. Lakukan perhitungan cermat antara jumlah tanggungan dengan lamanya kontrak asuransi.

0 Response to Keuntungan serta manfaat meng asuransikan Rumah

Post a Comment