Asuransi Jiwa : Term Life atau Whole Life

Asuransi Jiwa : Term Life atau Whole LifeProduk asuransi jiwa memiliki banyak varian dan jenis asuransi dengan berbagai keunggulan dan manfaat yang bisa kita ambil, akan tetapi saat kita dihadapkan pada situasi untuk memilih produk asuransi mana yang akan dipilih kita menjadi bingung, mana produk asuransi yang tepat.

Pada dasarnya asuransi jiwa terdiri atas 2 produk yaitu asuransi jiwa tradisional dan asuransi jiwa modern,  Asuransi jiwa Term life dan Whole life ini masuk dalam jenis asuransi tradisional. Study kasus dibawah ini mungkin bisa membantu anda untuk memilih manakah asuransi jiwa yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda


Study kasus :
1.    Bapak A membeli asuransi jiwa jenis "term life" yang berjangka waktu 20 tahun pada usia 30 tahun. Yang bersangkutan akan dilindungi oleh asuransi sampai usianya menginjak 50 tahun. Jika bapak A meninggal dalam jangka waktu 20 tahun sejak dia mengambil polis asuransi maka santunan jiwa akan diberikan kepada ahli warisnya.  Namun apabila Bapak A masih hidup sampai dengan habis masa pertanggungannya maka yang bersangkutan tidak akan mendapatkan apapun dan premi yang sudah dibayarkan akan hangus.

2.    Bapak B membeli asuransi Jiwa jenis “whole life”, yang akan memberikan perlindungan seumur hidup atau biasanya sampai dengan usia 99 tahun, apabila selama masa pertanggungan itu bapak B meninggal maka ahli waris akan menerima santunan jiwa.  perbedaannya dengan asuransi term life, pada asuransi termlife jika sampai masa pertanggungannya ternyata tertanggung masih hidup maka tidak akan memperoleh apapun, lain halnya dengan asuransi whole life  apabila sampai dengan usia 99 tahun ternyata bapak B masih sehat walafiat maka ada nilai tunai yang akan diberikan, premi yang sudah dibayarkan tidak akan pernah hangus.

Dari study kasus diatas kita dapat mengetahui jenis pertanggungan yang diberikan oleh asuransi Term life dan whole life, Biasanya premi yang dibayarkan untuk asuransi whole life lebih mahal daripada asuransi term life, ini karena resiko klaim pasti terjadi. Jarang ada orang yang sehat sampai usia 99 tahun kan? Di Indonesia, angka harapan hidup pria  65 tahun dan wanita 70 tahun.

Sekarang tergantung kepada anda, jenis asuransi terbaik  seperti apa yang anda butuhkan, agar anda bisa memperoleh manfaat yang optimal sesuai dengan kebutuhan dan budget anda.